PEMBAHASAN MUBTADA DAN KHABAR
1. المُبْتَدَاء ( Mubtada )
**( بَابُ المُبْتَدَاء)**
a. Pengertian Mubtada
)المُبْتَدَأُ
هُوَ الإِسْمُ المَرْفُوْعُ العَارِى عَنِ العَوَامِلِ اللَّفْظِيَّةَِ(
"Mubtada ialah
isim yang dirofakan yang kosong dari amil-amil bangsa lafadz".
Yang dimaksud
dengan “kosong dari amil-amil bangsa lafadz” adalah: Bahwa
yang merofa'kan mubtada itu bukan amil lafadz, seperti halnya kalau fa'il dan
naib fa'il dirofakannya oleh amil lafadz yaitu: fi'il mabni fa'il atau fi'il
mabni majhul. Nah.. kalau mubtada dirofakannya oleh amil ma'nawi yakni oleh
ibtida atau permulaan kalimat saja.
Ada lagi yang mendefinisikan mubtada
sebagai berikut:
اِسْمٌ مَرْفُوْعٌ وَاقِعٌ فِى اَوَّلِ
الجُمْلَةِ
“Mubtada adalah isim
yang dirofakan yang terletak di permulaan jumlah”.
2. Khobar
)الخَبَرُ هُوَ الإِسْمُ المَرْفُوْعُ
المُسْنَدُ اِلَيْهِ(
“Khobar ialah isim yang dirofa'kan yag
disandarkan kepada mubtada”.
Ada juga yang mendefinisikan sebagai
berikut:
اِِسْمٌ مَرْفُوْعٌ يُخْبِرُ عَنْ حَالَةِ
المُبْتَدَأِ
“Khobar
ialah isim yang dirofa'kan yang memberitakan keadaan mubtada atau yang terletak
setelah mubtada”.
( نَحْوُ قَولِكَ
زَيْدٌ قَائِمٌ وَ الزَّيْدَانِ قَائِمَانِ وَالزَّيْدُوْنَ قَائِمُوْنَ )
Contoh:
الكِتَابُ مُهِمٌّ
“ Bermula Kitab itu
penting”
العِلْمُ نَافِعٌ
“ Bermula Ilmu itu
bermanfa'at”
Kata " الكِتَابُ" dan " العِلْمُ"
adalah mubtada karena isim yang dirofa'kan yang terletak pada formula'an
jumlah. Mubtada dirofa'kan dengan ibtida (karena jadi formula'an).
Sedangkan kata " مُهِمٌّ" dan kata" نَافِعٌ" adalah khobar,
karena isim yang dirofa'kan yang memberitakan keada'an mubtada atau terletaknya
setelah mubtada. Contoh yang lain:
- الدَّرْسُ
سَهْلٌ
- الوَلَدُ الَّذِى اِشْتَرَكَ فِى الإِمتِحَانِ نَاجِحٌ
- المَدْرَسَةُ
كَبِيْرَةٌ
b. Persesuaian antara mubtada dan khobar
Antara mubtada dan khobar harus sesuai di
dalam hal-hal sebagai berikut:
a. Di dalam mufrodnya
b. Di dalam tasniyahnya
c. Di dalam jama'nya
d. Di dalam muannats dan
mudzakarnya
Dan Mubtada harus terdiri dari isim
ma'rifat.
- Contoh Mubtada yang terdiri dari mufrod
mudzakar, tasniyah, jama mudzakar.
مُحَمَّدٌ
عَالِمٌ
- مُحَمَّدانِ
عَالِمَانِ
- مُحَمَّدُوْنَ عَالِمُوْنَ
- Contoh mubtada khobar yang terdiri dari
mufrod muannats, tasniyah dan jama.
فَاطِمَةٌ
عَالِمَةٌ
- فَاطِمَتَانِ
عَالِمَتَانِ
- فَاطِمَاتٌ عَالِمَاتٌ
- Contoh yang terdiri dari jama yang tidak
berakal.
الكُتُبُ
مُهِمَّةٌ
- المَدَارِسُ كَبِيْرَةٌ
الكُتُبُ
مُهِمَّاتٌ
- المَدَارِسُ كَبِيْرَاتٌ
-
Contoh jama' taksir yang berakal.
الرِّجَالُ
قَائِمُوْنَ
- النِّسَاءُ قَائِمَاتٌ
Kalau mubtada terdiri dari jama' yang tidak
berakal, maka boleh khobarnya terdiri dari mufrodah muannatsah atau jama
muannats. Sebagaimana pada contoh no 3
a.Pembagian Mubtada
(وَالمُبْتَدَاُ
قِسْمَانِ: ظَاهِرٌ وَمُضْمَرٌ. فَالظَّاهِرُ مَا تَقَدَمَ ذِكْرُهُ. وَالمُضْمَرُ
اِثْنَا عَشَرَ: وَهِيَ اَنَا وَنَحْنُ وَاَنْتَ وَاَنْتِ وَاَنْتُمَا وَاَنْتُمْ
وَاَنْتُنَّ وَهُوَ وَهِيَ وَهُمَا وَهُمْ وَهُنَّ.نَحْوُ قَوْلِكَ اَنَا قَائِمٌ
نَحْنُ قَائِمُوْنَ وَمَا اَشْبَهَ ذَلِكَ)
Mubtada itu terrbagi kepada dua bagian,
yaitu:
1. Mubtada dhohir seperti pada contoh di
atas.
2. Mubtada dlomir (
Mubtada yang dibuat dari isim dlomir atau isim dlomir munfashil marfu' ).
Contoh Mubtada isim dlomir:
هُوَ
قَائِمٌ
- هُنَّ
قَائِمَاتٌ
- اَنتُمَا قَائِمَتَانِ
هُمَا
قَائِمَانِ
- اَنْتَ
قَائِمٌ
- اَنْتُنَّ قَائِمَاتٌ
هُمْ
قَائِمُوْنَ
- اَنْتُمَا
قَائِمَانِ
- اَنَا قَائِمٌ
هِيَ
قَائِمِةٌ
- اَنْتُمْ
قَائِمُوْنَ
- نَحْنُ قَائِمُوْنَ
هُمَا
قَائِمَتَانِ
- اَنْتِ قَائِمَةٌ
e. Pembagian Khobar
( والخَبَرُ قِسْمَانِ مُفْرَدٌ
وَغَيْرُ مُفْرَدٍ فَالمُفْرَدُ نَحْوُ قَوْلِكَ زَيْدٌ قَائِمٌ. وَغَيْرُ
المُفْرَدِ اَرْبَعَةُ اَشْيَاءَ: الجَارُ وَالمَجْرُوْرُ وَالظَّرْفُ وَالفِعْلُ
مَعَ فَاعِلِهِ وَالمُبْتَدَأُ مَعَ خَبَرِهِ نَحْوُ قَوْلِكَ زَيْدٌ فِى الدَّارِ
وَزَيْدٌ عِنْدَكَ وَزَيْدٌ قَامَ اَبُوْهُ وَزَيْدٌ جَا رِيَتُهُ ذَاهِبَةٌ ).
Khobar terbagi kepada dua bagian:
1). Khobar Mufrod.
Khobar mufrod adalah:
مَالَيْسَ جُمْلَةً اَوْ شَبِيْهًا
بِالجُمْلَةِ
"Khobar yang
terdiri dari bukan jumlah atau serupa jumlah.
Contoh:
زَيْدٌ
قَائِمٌ
- الزَيْدَانِ
قَائِمَانِ
- الزَيْدُوْنَ قَائِمُوْنَ
المَسْجِدُ
كَبِيْرٌ
- المَدْرَسَةُ كَبِيْرَةٌ -
المَسَاجِدُ كَبِيْرَةٌ
2).
Khobar jumlah ( khobar ghoer mufrod )
Khobar jumlah adalah:
مَاكَانَ جُمْلَةً اَوْشَبِيْهًا
بِالجُملَةِ
" Khobar yang
terdiri dari jumlah atau serupa jumlah.
Yang dimaksud dengan jumlah ada dua macam:
a. Jumlah Ismiah, yaitu jumlah yang terdiri dari mubtada
dan khobar
b. Jumlah Fi'liyah, yaitu jumlah yang terdiri dari fi'il dan
fa'il.
Yang dimaksud dengan serupa jumlah ada dua macam:
a. yang terdiri dari jar majrur
b. yang terdiri dari dhorof ( baik dhorof makan atau dhorof
zaman ).
-
Contoh khobar ghoer mufrod yang terdiri dari jumlah ismiyyah atau terdiri dari
mubtada khobar.
-
خَالِدٌ حَبِيْبَتُهُ
جَمِيْلَةٌ
- المَرْئَتَانِ حَبِيْبَتُهُمَا جَمِيْلٌ
-
عَائِشَةُ حَبِيْبُهَا
جَمِيْلٌ
- الرِجَالُ حَبِيْبَتُهُمْ جَمِيْلَةٌ
- اللهُ رَحْمَتُهُ وَاسِعَةٌ
- الرَّجُلاَنِ حَبِيْبَتُهُمَا
جَمِيْلَةٌ
- النِّسَاءُ حَبِيْبُهُنَّ جَمِيْلٌ
-
Contoh khobar ghoer mufrod yang terdiri dari jumlah fi'liyyah atau terdiri dari
fi'il fa'il.
زَيْدٌ قَامَ
اَبُوْهُ
- الزَّيْدَانِ قَامَ
اَبُوْهُمَا
- الزَّيْدُوْنَ قَامَ اَبُوهُم
مَرْيَمُ قَامَ
أَبُوْهَا
- المَرْيَمَانِ قَامَ اَبُوْهُمَا
- المَرْيَمَاتُ قَامَ اَبُوهُنَّ
Contoh khobar jumlah yang terdiri dari
syibhul jumlah:
-
dari jar majrur
السَّمَاكُ فِى
المَاءِ
- التَّلاَمِيْدُ فِى
الفَصْلِ -
الثِيَابُ فِى الخِزَانَةِ
- dari dhorof
الأُسْتَاذُ اَمَامَ
المَدْرَسَةِ -
مُحَمَّدٌ
عِنْدَكَ
- القَلَنْسُوَةُ تَحْتَ المَكْتَبِ
NOTE : JIKA TERDAPAT KESALAHAN MOHON
DIKOREKSI DIKOLOM KOMENTAR


0 Komentar